Xiaomi 12 dikatakan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1

Xiaomi 12 dikatakan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1

Xiaomi 12 dikatakan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm telah resmi meluncurkan next-gen flagship chipset yang dijuluki Snapdragon 8 Gen 1. Chipset flagship ini merupakan produk pertama Qualcomm dengan skema penamaan baru. Juga telah dikonfirmasi bahwa smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 akan diluncurkan bulan ini.

Lantas pabrikan smartphone mana saja yang tertarik menggunakan Snapdragon 8 Gen 1? Xiaomi yang turun ke Twitter dan mengkonfirmasi bahwa smartphone flagship seri Xiaomi 12 yang akan datang akan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 yang baru diumumkan.

Poster teaser yang dibagikan oleh Xiaomi menjadi perbincangan menarik di dunia maya. Pembuat smartphone China yang dipimpin oleh Lei Jun menulis bahwa Xiaomi 12 akan menjadi smartphone pertama yang melakukan debut dunia dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Namun, Xiaomi tidak ingin membuka lebih jauh karena mereka belum mengumumkan tanggal peluncuran resmi. Namun, seperti bocoran sebelumnya, Xiaomi 12 akan diluncurkan pada 12 Desember 2021. Benarkah demikian? Mari kita tunggu saja.

Sementara itu, dalam postingan terpisah di Twitter, Xiaomi juga membagikan video teaser yang mengonfirmasi bahwa smartphone flagship Xiaomi seri 12 telah memasuki tahap produksi massal, dan Xiaomi juga menunjukkan bagian dari proses produksi.

Selain Xiaomi, Motorola adalah pembuat smartphone lain yang akan meluncurkan flagship dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Dikatakan bahwa Motorola akan meluncurkan smartphone andalan terbarunya, Moto Edge X30, pada 9 Desember 2021 di Cina.

Qualcomm sendiri telah mengumumkan beberapa produsen smartphone yang terdaftar untuk meluncurkan perangkat baru mereka yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1. Beberapa produsen smartphone tersebut adalah Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, OPPO, realme, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xiaomi dan ZTE.

Menariknya, saat Snapdragon 8 Gen 1 diluncurkan, Samsung tidak masuk dalam daftar yang dibagikan oleh Qualcomm.

Snapdragon 8 Gen 1 buatan Qualcomm sendiri diproduksi menggunakan teknologi proses 4nm Samsung di atas arsitektur ARMv9. Chipset tersebut mencakup inti Cortex-X2 utama yang berjalan pada 3 GHz, tiga inti kinerja Cortex-A710 yang berjalan pada 2,5 GHz, dan empat inti efisiensi Cortex-A510 yang berjalan pada 1,8 GHz.

Qualcomm membanggakan bahwa chipset andalan terbarunya menawarkan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan daya hingga 30 persen lebih sedikit daripada Snapdragon 888. Chipset ini memiliki GPU Adreno baru yang menjanjikan rendering grafis 30 persen lebih cepat, bersama dengan efisiensi 25 persen lebih baik.

Sumber :