Video Bokeh Museum

Salah satu cara mempertajam gambar pada video dan menambah keindahannya adalah dengan menggunakan efek bokeh. Jangan dulu membayangkan harus memiliki kamera mahal karena Anda dapat merekam video bokeh museum hanya dengan menggunakan aplikasi kamera di smartphone.

video-bokeh-museum

Referensinya : https://www.gurupendidikan.co.id/bokeh/

Rekomendasi 8 Aplikasi Video Bokeh Museum

Berkat para developer yang handal dan kreatif, banyak bermunculan aplikasi pembuat video yang kualitasnya jempolan. Siapapun baik itu pemula maupun pro bisa mengandalkan aplikasi tersebut untuk menghadirkan efek bokeh pada video yang dibuat.

Tidak perlu banyak modal, Anda bebas mengunduh secara gratis untuk diinstal pada smartphone. Berikut aplikasi yang direkomendasikan:

Referensinya : https://teknosentrik.com/video-bokeh/

 

  1. Bacon Camera

Bacon-Camera

Rekomendasi aplikasi video bokeh gratis yang pertama adalah Bacon Camera buatan F.G.N.M. Aplikasi ini mempunyai ukuran yang ringan dan sangat mudah digunakan. Tampilannya hampir menyerupai Google Camera dengan fitur pengambilan video dan foto yang lengkap.

Dengan kata lain, apabila handphone Anda tidak mendukung Google Chrome maka menginstal Bacon Camera merupakan pilihan yang tepat. Bacon Camera dilengkapi dengan pengaturan full manual seperti manual ISO, fokus, balance dan slow motion.

Aplikasi ini menghasilkan video dengan resolusi yang tinggi dan gambar yang ditampilkan pun cukup detail. Kisaran resolusi yang ditawarkan yaitu mulai dari 1600 x 1200 atau 1,9 MP hingga 4000 x 3000 atau 12 MP. Sedangkan efek bokehnya memiliki kualitas yang terbilang bagus.

Referensinya : https://rollingstone.co.id/bokeh-full-video/

  1. InShot

Salah satu aplikasi favorit bagi yang senang mengedit dan membuat video adalah InShot. Saking banyaknya yang menggunakan dan didukung kualitas yang memang bagus, InShot kerap masuk dalam daftar Editor’s Choice.

Efek bokeh yang dihasilkan pada video dan foto cukup rapi dan bagus. Bahkan tampilan akhirnya terlihat berkelas layaknya buatan pro. Resolusi video mendukung sampai 4K atau 1080p dan dapat dishare dengan mudah ke berbagai sosial media.

Selain itu, banyak fitur yang ditawarkan seperti filter, stiker, efek transisi, trim & cut, merger, musik, efek suara, konversi dan kecepatan video. Semua editing tool tersebut praktis dan mudah digunakan sehingga menunjang pembuatan video berkualitas baik.

Referensinya :  https://merkbagus.id/bokeh/

  1. Blur Video

Blur-Video

Selanjutnya, aplikasi membuat video bokeh yang recommended adalah Blur Video yang dikembangkan oleh Alpha Project. Sama halnya dengan kedua aplikasi sebelumnya, Blur Video didesain dengan antarmuka yang ramah dan fitur yang lengkap.

Referensinya : https://www.dosenpendidikan.co.id/bokeh/

Terdapat 3 pilihan efek bokeh antara lain:

  • Fun Blur

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih sendiri bagian mana saja yang ingin diberi efek blur. Bentuk yang dipakai pun bebas dan dapat diaplikasikan untuk bagian dalam maupun luar area.

  • Free Style Blur

Sama seperti Fun Blur, Anda bebas menentukan bagian yang akan diblur dengan bentuk square. Intensitas blurnya pun bisa diatur sesuai dengan keinginan.

  • Insta No Crop

Fitur ini digunakan untuk memberikan efek bokeh pada bagian tepi frame video. Dengan begitu, Anda bisa menonjolkan bagian tertentu dari gambar yang ada di video tersebut.

Blur Video sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar membuat video karena fiturnya tidak terlalu rumit dan pengaturannya pun mudah.

Referensinya : https://daftarpaket.co.id/bokeh/

  1. Cinema FV 5 Lite

Hasil visual yang menarik dan terkesan profesional adalah kelebihan dari video hasil tangkapan Cinema FV 5 Lite. Aplikasi dari developer FGAE ini didesain dengan kontrol manual yang mudah sekali digunakan sesuai keinginan.

Anda dapat dengan bebas menentukan mana bagian yang akan diblur dan mana yang dibiarkan apa adanya. Resolusi yang dihasilkan mendukung sampai 4K UHD dengan grafis yang detail dan mulus.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan meliputi ketajaman objek, kontras cahaya, ketajaman warna, kontras video, autofocus, infinity focus dan audio input untuk melengkapi video. Pengaturan yang tersedia ramah bagi pemula apalagi bagi yang sudah pro.

Referensinya :  https://www.ilmubahasainggris.com/bokeh/

  1. Camera MX

Membuat video bokeh museum di smartphone dapat juga menggunakan aplikasi Camera MX yang terkenal akan kestabilannya selama perekaman video. Dengan begitu, adanya goncangan tidak terlalu berpengaruh pada kualitas hasil video.

Kelebihan lain dari Camera MX adalah resolusi yang tinggi dan efek bokeh yang rapi. Pengaturan ketajaman warna yang tersedia menjadikan setiap tangkapan video lebih hidup dan menarik. Selain itu, Anda dapat mengatur kecepatan video melalui fitur slow motion dan fast motion.

Berkat berbagai filter dan efek, tampilan video bokeh dapat dibuat menjadi lebih unik sesuai selera. Apabila ukuran video terlalu besar, Camera MX yang dikembangkan oleh MAGIX ini memiliki fitur untuk mengurangi ukuran file.

Referensinya : https://duniapendidikan.co.id/video-bokeh-full/

  1. DSLR HD Camera

Berkat aplikasi DSLR HD Camera, Anda bisa merasakan sensasi menggunakan DSLR melalui smartphone. Terlebih lagi, hasil rekaman videonya pun hampir sama dengan kamera yang asli.

Keunggulan aplikasi ini adalah gambar yang jernih, detail dan tampak nyata. Kualitas efek bokeh yang dihasilkan pun terkesan profesional dan artistik. Fitur DSLR HD Camera tergolong lengkap dan mudah digunakan.

Apabila Anda terhitung masih baru dalam editing, maka tidak perlu khawatir karena aplikasi ini cukup ramah dan antarmukanya didesain sederhana.

Referensinya : https://www.kuliahbahasainggris.com/bokeh/

  1. Google Camera

Google-Camera

Aplikasi video bokeh museum buatan Google patut dicoba apabila menginginkan kualitas video yang di atas rata-rata. Google Camera memberikan efek bokeh yang bagus apalagi didukung oleh stabilizer yang mampu meminimalisir goyangan selama perekaman video.

Tidak hanya itu, aplikasi Google Camera juga dibekali dengan berbagai fitur menarik yang mendukung Anda berkreativitas untuk menghasilkan video sesuai selera. Hanya saja, Anda perlu mengecek apakah perangkat yang dipakai mendukung Google Camera atau tidak.

Referensinya : https://www.dulurtekno.co.id/bokeh-full/

  1. Cameringo Lite Bokeh Camera

Developer Perraco Labs menghadirkan aplikasi untuk membuat video dengan efek bokeh yang disebut Cameringo. Antarmuka aplikasi ini terbilang stylish dan sederhana untuk digunakan.

Efek bokeh yang dihasilkan memiliki kualitas di atas standar apalagi terdapat fitur fisheye yang mendukung pengambilan gambar agar lebih menarik. Jarak pengambilan gambar bukan lagi masalah karena fisheye mampu menangkap dari jarak yang jauh dengan baik.

Adapun fitur istimewa lainnya adalah pengaturan pencahayaan secara real time, penambahan berbagai filter menarik dan pengaturan kecepatan. Aplikasi Cameringo cocok dipakai saat traveling karena video dapat diambil dari sudut pandang yang lebih lebar hingga 1800.

Referensinya : https://pakdosen.co.id/video-bokeh/

Keunggulan Efek Bokeh untuk Video 

 Apakah Anda pernah bertanya mengapa banyak yang terobsesi dengan efek bokeh? Hal tersebut karena video bokeh mampu menambah estetika dan memberikan kesan yang unik. Selain itu, masih ada beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Mempertajam Objek Foto

Efek bokeh yang diterapkan di sekeliling objek foto akan mempertajam objek tersebut sehingga terlihat lebih menonjol. Dengan begitu, orang yang melihat akan langsung terfokus hanya pada satu objek.

Referensinya : https://ngelag.com/video-bokeh-museum/

  • Menghilangkan Bagian yang Tidak Dibutuhkan

Saat mengambil gambar untuk membuat video, terkadang ada bagian yang ikut tertangkap padahal sebenarnya tidak diperlukan. Salah satu cara menghilangkan tanpa mengurangi estetika foto adalah dengan menggunakan efek bokeh pada bagian yang tidak penting tersebut.

  • Membuat Foto Terlihat Keren

Kelebihan lain dari efek bokeh adalah mampu menghasilkan tampilan video yang keren tanpa proses editing yang berlebihan. Alasannya, efek boleh itu sendiri sudah memberikan efek yang menarik dan unik sehingga hanya perlu sentuhan tambahan yang sedikit.

Referensinya : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/bokeh/

Dengan hadirnya aplikasi video bokeh museum, Anda semakin dimudahkan merekam gambar hanya menggunakan smartphone. Sekalipun aplikasi tersebut gratis, kualitas yang ditawarkan tidak abal-abal.

Hampir semua aplikasi menyematkan fitur yang lengkap dan mendukung untuk melakukan proses edit. Pengaturan efek bokeh pun tidak saklek karena pengguna bebas menentukan area mana saja yang ingin diblur. Hasilnya, video terlihat lebih estetik dengan penonjolan objek tertentu.