Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya

Apa itu tulang baji (os sphenoidalis)

tulang-baji

Tulang sphenoid atau tulang sphenoid dengan nama latin Os Sphenoidalis merupakan tulang yang terletak di tengah pangkal tengkorak manusia dan memiliki bentuk anatomi seperti kupu-kupu dengan tiga pasang sayap.

Posisi tulang baji berada di antara tulang temporal dan tulang dahi manusia. Karena tulang-tulang elemen tengkorak diketahui berada pada posisi yang benar antara pelipis dan tulang depan, maka ukuran tulang baji ini cukup kecil dibandingkan dengan tulang-tulang lain di sekitarnya.

Properti irisan tulang

Ciri utama dari tulang baji adalah memiliki bentuk pipih atau pipih, kecil, tidak lebar, atau tidak besar. Jumlah tulang baji pada tubuh manusia, lebih tepatnya di daerah tengkorak, hanya 1 dan disusun secara anatomis sedemikian rupa sehingga masuk, karena berada di antara 2 (dua) tulang.

Fungsi tulang baji

Di bawah ini adalah fungsi dari tulang irisan, diantaranya sebagai berikut:

Untuk memperkuat struktur tulang di sekitarnya

Tulang baji ini adalah salah satu tulang yang menyusun tengkorak manusia, yang memiliki kekuatan dan kelebihan tersendiri. Posisinya berada di tengah dan juga cekung, sehingga tulang baji ini diperlukan untuk memperkuat struktur tulang di sekitarnya karena tulang baji ini dapat berperan sebagai tulang baji. Penopang yang menjaga keseimbangan tulang lainnya.

Memiliki fungsi yang berhubungan dengan otak

Seperti diketahui, otak ini merupakan bagian penting dari kepala manusia yang perlu dilindungi dari berbagai sudut. Karena itu, otak dikelilingi oleh tulang tengkorak yang kuat dan mampu menjaga keseimbangan otak. Dari samping, otak ini menerima perlindungan dari baji tulang.

Bentuk tulang irisan yang tersembunyi mendekati otak dan melindungi otak dari trauma atau benturan yang mungkin / mungkin terjadi karena gerakan tubuh dari bawah, mis. B. saat didorong atau dilempar. Kehadiran otak baji penting dalam melindungi otak dari gangguan tersebut sehingga setiap sudut otak tetap aman.

Merupakan bagian dari spenoid

Tulang baji ini merupakan bagian spenoidal atau pusat pangkal kotak otak. Otak manusia memiliki bagian-bagian yang semuanya mengatur sistem saraf dalam tubuh manusia. Tulang baji ini menjadi tempat di mana pusat pangkal kotak otak dapat dipasang sekaligus ditopang dan dilindungi.

Yakni bagian yang berperan sebagai pusat saraf dan pengaturan pembuluh darah di seluruh tubuh. Oleh karena itu, keberadaan tulang baji kecil tidak bisa dianggap remeh, walaupun memiliki bentuk yang kecil dan tempat yang tersembunyi, namun fungsinya sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia.

Demikian penjelasan tentang pengertian tulang baji, bentuk, letak, sifat dan fungsinya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :