Smokers Should Quit Smoking Right Now

Contoh Teks Hortatory Exposition Dalam Bahasa Inggris Berjudul “Perokok harus segera berhenti merokok”

teks-hortatory-exposition

MEROKOK HARUS BERHENTI MEROKOK SEKARANG

Membuat orang kecanduan rokok adalah tugas yang sangat sederhana, tetapi meyakinkan mereka untuk berhenti merokok bisa menjadi tugas yang paling sulit dan membuat frustrasi. Merokok membunuh setengah juta orang Amerika setiap tahun. Yang menyedihkan adalah kematiannya benar-benar dapat dicegah. Nyawa seseorang tidak akan pernah bisa dikorbankan demi kepuasan yang bisa diberikan sebatang rokok. Perasaan sejahtera tidak akan pernah sia-sia. Beberapa perokok benar-benar percaya bahwa merokok membantu mereka memecahkan masalah mereka. Ini tidak benar dan sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah, terutama masalah kesehatan. Ada banyak alasan mengapa perokok harus berhenti sekarang, tetapi yang paling penting berkaitan dengan harapan hidup mereka.

Asap yang dikeluarkan oleh rokok mengandung setidaknya 4.000 molekul berbeda, 43 di antaranya dapat bersifat karsinogenik. Kanker paru-paru adalah pembunuh utama perokok berat. Sekitar 90% pria dengan kanker paru-paru mendapat penyakit dari merokok. Hal yang sama berlaku untuk 80% wanita dengan kanker paru-paru. Itu adalah persentase yang sangat besar dibandingkan dengan tingkat kelangsungan hidup kanker paru-paru 10%. Setelah seorang perokok didiagnosis menderita kanker paru-paru, harapan hidup maksimumnya hanya 5 tahun. Itu harga tinggi yang harus dibayar bagi perokok yang tidak ingin berhenti.

Baik perokok berat maupun biasa memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan dengan bukan perokok. Sekitar 20% kematian terkait jantung di Amerika saja disebabkan oleh merokok. Setiap kali seseorang merokok, orang tersebut mengalami tekanan darah yang lebih tinggi dan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Dengan tingginya kadar karbon monoksida yang terhirup, maka kadar oksigen dalam darah pasti akan menurun. Racun berbahaya juga dapat meningkatkan pembekuan darah dan merusak sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan arteri. Semua ini meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Jika perokok tidak segera berhenti, mereka bisa meninggal 13 tahun lebih awal daripada non-perokok. Konsekuensi lain dari merokok terus-menerus adalah bahwa hal itu juga mempengaruhi non-perokok. Kebanyakan perokok tidak memikirkan asap yang mereka keluarkan. Anak-anak yang tidak bersalah dan bukan perokok dapat secara tidak sengaja menghirup asap ini, yang mengandung banyak racun berbahaya. Ketika mereka melakukannya, masalah kesehatan yang sama dapat muncul juga. Begitu orang-orang yang tidak bersalah ini mati, yang bisa mereka lakukan hanyalah menyalahkan perokok yang egois. Adalah fakta yang menyedihkan bahwa sebagian besar perokok masih merokok meskipun mereka secara tidak langsung telah membunuh banyak non-perokok.

Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “Contoh Teks Hortatory Exposition Dalam Bahasa Inggris Berjudul MEROKOK HARUS BERHENTI MEROKOK SEKARANG”.

Semoga dapat membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dan anggota ilmu serta bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih atas perhatiannya kawan…

Sumber :