Pembaca surat: definisi, metode, manfaat, contoh struktural

Pahami pembaca surat
Buka baca cepat

Surat kepada redaksi adalah surat dari pembaca yang muncul di surat kabar dan majalah dan memuat kesan, kritik, saran, keluhan, seruan, pertanyaan, ucapan terima kasih dan lain-lain.
Karakteristik pembaca surat

Pembaca-surat-definisi-metode-manfaat-contoh-struktural

Berikut adalah beberapa ciri surat kepada redaksi, yaitu sebagai berikut:

Surat berisi berbagai pesan mulai dari kritik, sanjungan, pertanyaan dan undangan kepada institusi atau orang tertentu.
Secara umum, itu berarti surat yang dapat dibaca oleh banyak orang dan menunjukkan isi pesan yang sampai, yang menimbulkan keinginan banyak orang untuk hidup.
Ringkas, ringkas, dan jelas. Surat kepada editor terdiri dari 1 sampai 4 paragraf. Isi yang diberikan dalam surat kepada editor langsung menjadi bahan pembicaraan.
Gunakan bahasa formal, sopan, dan komunikatif.

Bagaimana cara menulis surat kepada editor

Ada beberapa cara untuk menulis surat dengan benar dan benar kepada editor:

Pertama-tama, Anda perlu menentukan topik apa yang ingin Anda tulis. Memiliki topik yang jelas memungkinkan Anda lebih fokus pada menulis. Judul yang dipilih juga harus menarik bagi pembaca dan tidak boleh sembarangan agar pembaca tidak ketinggalan halaman surat kepada editor yang nantinya berisi surat Anda.

Gunakan skrip dan bahasa yang baik dan benar. Banyak penulis memasukkan bahasa asing ke dalam tulisan mereka, meskipun ini tidak diwajibkan. Namun, menulis dengan bahasa yang jelas dan baik memiliki nilai tersendiri di mata pembaca.

Jika Anda sering melihat atau membaca surat kepada editor di berbagai media cetak seperti koran, tabloid, atau majalah, Anda akan melihat font yang pendek dan ringkas. Ini untuk memudahkan penerbit yang bertanggung jawab menerbitkan surat Anda untuk memeriksa apakah surat Anda layak diterbitkan atau tidak.

Jika surat Anda sudah siap, tidak perlu buru-buru mengirimkannya ke media cetak. Alangkah baiknya jika Anda membaca lagi dan melihat-lihat lagi karena siapa tahu ada kata atau kitab suci yang kurang tepat. Buatlah tulisan Anda sesempurna yang Anda pikirkan, atau Anda bisa meminta nasihat dan kritik dari kakak Anda agar bisa membaca tulisan Anda. Jika masih kurang bagus tulisannya, perbaiki dan buat tulisan nyaman untuk dibaca.

Baca lebih lanjut: Iklim di Indonesia

Saat Anda mengirimkan surat Anda, buat surat lamaran untuk editor. Itu akan terlihat lebih sopan bagi mereka. Tulis surat pengantar yang pendek dan tidak terlalu panjang. Yang harus Anda lakukan adalah mengatakan judul apa yang ingin Anda kirim dan apa yang ingin Anda tulis di bagian surat kepada editor. Jangan lupa untuk mencantumkan nama, alamat dan nomor telepon Anda.

 

Sertakan juga fotokopi identitas Anda seperti KTP atau SIM atau ID pelajar Anda.

Peraturan ini harus Anda patuhi, karena di setiap media cetak terdapat halaman opini yang memuat identitas Anda.

Saatnya mengirim surat Anda ke editor. Kami menyarankan Anda mengirimkan surat Anda ke media cetak yang memiliki latar belakang yang sama dengan surat Anda. Dengan cara ini surat Anda bisa dipublikasikan di media cetak. Jangan kirimkan surat Anda ke media yang latar belakangnya sangat berbeda dengan subjek judul Anda, karena Anda akan kecewa karena surat Anda tidak dipublikasikan di media tersebut.

Setelah mengirimkan surat Anda, jangan lupa untuk terus memantau surat Anda apakah sudah diterbitkan atau belum. Biasanya editor tidak memberi tahu kami saat surat kami sedang dimuat. Jadi Anda harus membeli media cetak untuk memantaunya.

Jika semua upaya Anda telah dilakukan dan ternyata surat Anda belum dipublikasikan di media, Anda tetap memiliki hak dan opsi untuk mengirimkan kembali surat Anda. Anda mungkin kurang beruntung kali ini jadi coba lagi.

Dokumentasikan semua tulisan di surat itu kepada editor dan jangan dibuang begitu saja. Anda mungkin menemukan ini berguna di masa mendatang. Jadikan fonta yang Anda tulis sebagai contoh dokumentasi surat kepada editor.

Keuntungan pembaca surat

Di bawah ini adalah beberapa manfaat surat kepada editor:

Surat kepada redaksi harus memberikan saran, jawaban dan kontribusi terutama untuk kepentingan umum. Surat kepada redaksi dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pendapat, saran, dan pendapat untuk kepentingan banyak orang. Isi surat kepada redaksi dapat dipetik dari berbagai topik yang dianggap penting. Artikel berupa surat kepada redaksi biasanya merupakan artikel non komersial. Itulah tujuan dari surat kepada redaksi. Namun, pembaca akan mendapatkan keuntungan jika dikenali oleh banyak orang.
pembaca

 

LIHAT JUGA :

http://geografi.upi.edu/video-bokeh-link-full/
http://geografi.upi.edu/gelombang-elektromagnetik/
http://geografi.upi.edu/laju-reaksi/
http://geografi.upi.edu/kinemaster-pro/
http://geografi.upi.edu/alight-motion-pro/
http://geografi.upi.edu/whatsapp-gb-apk-pro/
http://geografi.upi.edu/wa-web-di-pc/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/pengertian-gelombang-elektromagnetik/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/kinemaster-pro/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/gelombang-elektromagnetik/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kinemaster-pro/