Tutorial Pemasangan Paving Block yang Benar

4 cara yang benar untuk meletakkan pavers

Tutorial Pemasangan Paving Block yang Benar

1. Bangun struktur lantai atau pondasi yang kuat

cara memasang pavers dengan benar

Jangan meletakkan pavers kecuali tanah disiapkan dengan benar. Untuk melakukan ini, bersihkan tanah dari puing-puing dan gulma. Kemudian ratakan tanah, tutup lubang dan ratakan tumpukan tanah.

Jika tanah perlu ditimbun kembali, sebarkan material urugan di atas tanah yang telah dipadatkan kemudian padatkan dengan roller atau palu kuda. Hindari meratakan lubang atau menutupinya dengan pasir.

Proses pemadatan ini juga harus disertai dengan pot untuk mencapai kepadatan pengisi yang sempurna. Jika batu paving akan diletakkan di atas jalan yang dapat dilalui kendaraan, pastikan pondasi memiliki kemiringan 2,5%. Di trotoar, pastikan gradenya 2%.
2. Pemasangan beton penghalang dan beton penahan beban

Pemadatan batu paving

Beton atau terpal adalah bagian dari paving beton yang saling mengunci, yang berfungsi untuk mencengkeram dan menahan batu paving agar tidak dapat bergerak saat membawa beban. Beton penghalang berupa beton pracetak dan sebagian beton pertanian. Saat menggunakan elemen beton pracetak, beton tepi harus terhubung ke beton penahan beban. Tujuannya tak lain untuk menciptakan sambungan yang kokoh antara pembatas beton dengan pondasi agar tidak mudah bergeser.

Untuk pemasangan elemen beton pracetak, terlebih dahulu diterapkan lapisan beton penahan beban dengan ketebalan minimal 7 cm. Kemudian pasang beton pelepas pada beton dasar yang masih basah.

Pastikan panjang dan orientasi spacer beton sesuai dengan ulir bantu. Selanjutnya tambahkan campuran beton ke bagian belakang penghalang beton.

Saat beton penahan beban setengah kering, injak tanah. Pastikan kualitas kolom beton minimal Fc ‘17,5 MPa.

Beton pembatas sering dikombinasikan dengan saluran air dan kincir air sebagai pipa pemanen air hujan. Jika perpotongan antara beton pelepas dan lapisan batu tidak dilengkapi dengan garis air, maka beton pelepas biasanya rentan terhadap gesekan roda merah.
3. Sebarkan pasir di pangkalan

Pasir subsoil adalah pasir dengan ketebalan tertentu yang digunakan sebagai dasar peletakan paving slab. Pasir tanah adalah pasir kasar dengan ukuran butir maksimum 9,5 mm.

Pastikan juga pasir untuk alasnya bebas dari lumpur dan kotoran lainnya. Pada saat digunakan, pasir dasar harus kering atau minimal memiliki kadar air kurang dari 10%.

Sebarkan pasir dasar secara merata dengan ketebalan 5 cm sampai 6 cm. Dari lebar lantai 3 m, pasir dasar dimasukkan secara bertahap.

Setelah pemadatan, ketebalan pasir dasar tidak boleh melebihi 5 cm. Ketebalan yang merata dapat dicapai dengan menggunakan alat perata berupa inti kayu pada rel bantu balok beton memanjang atau dengan tali bantu.

Jika pekerjaan paving tidak selesai dalam satu hari, sisakan sekitar 1 m pasir tanah dasar dari barisan paving stone terakhir.

Nantinya, substrat yang tidak diaplikasikan pada paving stone harus dipotong dan diratakan kembali.

Jumlah pasir dasar yang dibutuhkan untuk ketebalan 50 mm kira-kira. 5 m3 per 100 m2 batu paving.

Baca juga Peran dan Tanggung Jawab Konsultan Real Estate
4. Letakkan pavers dari satu arah

Letakkan baris pertama batu paving dengan hati-hati. Pola yang baik dapat diperoleh dengan memasang pada kawat bantu dan pada sudut yang tepat ke penghalang beton. Bukaan lateral dapat diisi dengan kompresi. Peletakan batu paving berlangsung terus menerus dan pekerja perakitan berada di atas batu paving yang diletakkan.

Untuk hasil yang baik, perlu untuk meletakkan paving slab sekali pakai. Jika ini dilakukan dari dua arah, akan menguntungkan jika sudut pola peletakan atau perubahan sudut dikelilingi oleh pola lipatan batu silang.
ujung lurus

Ketika semua ubin diletakkan, isi balok besar dengan abu. Kemudian padatkan paver dengan baby roller atau scraper tipe hati secara bergiliran. Tujuannya adalah untuk menunjukkan gaya interlocking antara pavers. Kemudian bersihkan permukaan paving stone dari sisa-sisa asbak.

Dengan panduan ini, lantai beraspal memiliki permukaan yang rata dan kokoh dan pasti bagus untuk dilihat.

Sumber :