11 Spot Foto Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul

11 Spot Foto Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung, banyak wisatawan yang mengatakan bahwa tempat wisata di Yogyakarta ini adalah surganya yang tersembunyi. Keindahan koral dan birunya air laut memang memesona.

Garis pantainya tidak seluas Parangtritis. Namun, tempat ini selalu memiliki sesuatu yang istimewa. Seolah-olah tempat wisata ini memang dibuat menjadi ikon wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Nama Siung sendiri berasal dari bentuknya, menurut warga sekitar. Cobalah untuk melihat dari jauh atau dari atas dengan drone. Kemudian terlihat seperti bentuk gigi anyelir, wanara atau kera.

Simak juga daftar Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Terlengkap di Yogyakarta untuk dijadikan referensi liburan.

Tiket Masuk Pantai Siung
Tiket Masuk Pantai Carnation
Foto: https://www.instagram.com/bayuengal_/

Harga tiket masuk Pantai Siung adalah 10.000 rupiah dan sudah termasuk tiket masuk ke Nglambor dan juga Jogan yang masih dalam satu kawasan.

Untuk biaya parkirnya sendiri kita dikenakan biaya 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk kendaraan bermotor.

Anda juga bisa mengunjungi Pantai Sundak, Gunung Kidul yang tidak jauh dari sana.
Rute ke lokasi
Rute menuju lokasi Pantai Anyelir
Foto: https://www.instagram.com/ruangrindujogja/

Alamat Pantai Anyelir adalah Duwet Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 70 km. Untuk menuju kawasan ini bisa juga dari Klaten atau Solo

Rute menuju Pantai Cengkih jika Anda datang dari kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan ke daerah Piyungan, Pathuk, Wonosari dan jalan ke Baron. Selanjutnya masuk jalur ke Mentel – Bintaos – Tepus – lalu pertigaan di Winangun. Kemudian belok kiri dan Anda akan sampai di titik lokasi.

perjalanan menuju pantai anyelir lainnya melalui Klaten. Arahkan kendaraan Anda ke Semanu, Giripanggung, Sumber Wungu. Kemudian Klayu, Gude, Blekonang, hingga Winangun. Anda akan segera mencapai tujuan Anda.

Bagi anda yang memulai dari kota Solo. Arahkan kendaraan ke Sukoharjo, Wonogiri, Praci. Sesampainya di perempatan pasar Praci, belok kiri. Ikuti saja jalan sampai Anda menemukan pertigaan sebelum pasar meletus.

Belok kanan, sebentar lagi Anda akan memasuki Pasar Pinpu. Lurus terus sampai pertigaan di Winangun, belok kiri sampai tiba di tempat wisata kebanggaan Kotapraja Tepus.

Kunjungi juga Pantai Wedi Ombo yang menawarkan pemandangan sunset terbaik.
kegiatan yang harus dilakukan
alamat pantai anyelir
Foto: https://www.instagram.com/dilakelana/

Meski kawasan ini masih tergolong sepi, Anda bisa melakukan berbagai jenis aktivitas seru dan menyenangkan.

Tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang namanya cukup terkenal.
1. Berkemah
Wisata Pantai Anyelir
Foto: https://www.instagram.com/fiqri_izam/

Salah satu destinasi terpenting dalam wisata Pantai Anyelir adalah berkemah. Pantai sebelah timur merupakan tempat perkemahan yang biasa digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda dan menikmati dinginnya malam sambil mendengarkan deburan ombak yang tiada henti.

Di kawasan ini juga terdapat rumah panggung yang bisa menampung hingga 15 orang. Cobalah menikmati matahari terbenam dari sini. Juga jika Anda datang pada bulan November hingga Februari. Sinar matahari akan terlihat menyilaukan.
2. Mendaki bukit
jalan menuju pantai anyelir
Foto: https://www.instagram.com/wawancsk/

Pantai Siung terkenal dengan pesona karangnya. Jadi jangan lewatkan untuk mendaki bukit dan menikmati keindahan kawasan ini dari atas bukit.

Namun, untuk mencapai puncak bukit ini tidaklah mudah. Jalannya sempit dan kontur jalan naik turun. Anda harus ekstra hati-hati agar tidak jatuh. Pasalnya, ngarai yang menganga dengan bebatuan karst yang menjadi ciri khas Gunung Kidul ini tentunya menimbulkan luka yang cukup parah jika terjadi benturan.

Dari sini kita juga bisa melihat monyet ekor panjang berjalan-jalan, terkadang turun dari atas. Jangan khawatir karena mereka adalah hewan yang cukup percaya dan ramah. Namun, perlu diingat aturan untuk tidak membawa makanan terlalu banyak. Karena nama monyet tetap hijau ketika melihat makanan.

Untuk mendaki ke puncak bukit ini dikenakan harga 5.000 rupiah. Nah, disarankan untuk membawa perbekalan yang lengkap. Meskipun cukup lembut dan tidak membutuhkan jarak yang jauh. Namun, konsentrasi tinggi membuat Anda haus dan lapar.

Kunjungi juga Pantai Slili yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Sumber :