Mudah, 4 Cara Menyetek Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Cara memotong durian

Mudah, 4 Cara Menyetek Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Cara memotong durian

Stek durian adalah jenis perbanyakan durian asli daerah tropis. Durian merupakan salah satu buah favorit yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
Berbagai Jenis Durian

durian montong
durian petruk
durian merah
durian sidodol
durian bokor
durian matahari
durian tembaga
Dan durian lainnya

Bibit durian banyak dijual di sentra-sentra agribisnis. Penghobi tabulampot dan banyak petani menanam tanaman durian ini. Perbanyakan durian dapat dilakukan dengan:

Generatif (biji)
Vegetatif (stek, cangkok, dll)

Bagaimana-Untuk-Stek-Durian

Artikel terkait: Cara menanam durian
Cara cepat berbuah stek durian

Kali ini kita akan membahas cara memperbanyak durian dari stek. Memotong durian sangat mudah.
Cara memotong durian

Pilih batang yang akan dipotong
Potong stek batang
Tanam stek sampai akar tumbuh
Tanaman

Memangkas tanaman durian membutuhkan trik khusus agar pohon durian kokoh dan berbuah lebat.
Pilih batang yang akan dipotong

Batang untuk stek durian diambil dari cabang muda. Waktu yang tepat untuk stek ini adalah saat produksi sari buah maksimal antara pukul 06.00 hingga 08.00.

Potong stek batang

Ranting muda yang dipilih, dipotong-potong di antara daun dari ujung ranting hingga daun keenam dari ujung. Setiap segmen pemotongan memiliki tangkai daun. Potong dengan pisau tajam atau silet untuk menghindari kerusakan batang. Potong sebagian daunnya dan sisakan 2/3 daunnya saja.

Stek setebal 5-10 cm direndam dalam larutan perangsang akar auksin selama 2 menit. Bagian yang terendam adalah bagian bawah atau pangkal batang. Stimulan akar dapat diperoleh dari biji dari ekstrak akar biji durian. Namun jika ingin praktis, belilah hormon auksin di toko pertanian.

Artikel Terkait: 10 Cara Merawat Pohon Durian Berbunga dan Faktor Kerontokannya
Tanam stek sampai akar tumbuh

Untuk menanam stek yang direndam dalam auksin, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

gelas plastik. Anda bisa menggunakan gelas plastik yang biasa digunakan untuk berjualan es krim atau jus.
Media Pertumbuhan Steril. Ini bisa berupa pakis halus, lumut atau pasir buruk. Agar steril, media disiram dengan air panas.

Cara menanam, masukkan 1/3 bagian media tanam ke dalam gelas plastik. Masukkan stek batang ke dalam media. Media pertumbuhan dapat diirigasi dengan hormon Axin untuk pra-pewarnaan. Tutup gelas plastik dan taruh di tempat yang terang. Tapi tidak di bawah sinar matahari langsung. Perawatan diberikan dengan menyiram sesuai kebutuhan.
Tanaman

Setelah sekitar 3 bulan, stek benih membentuk akar yang tebal. Stek berakar dapat dipindahkan ke polibag berdiameter 15 cm dengan media kompos dan tanah. Simpan sampai muncul daun dan siap ditanam di tanah.

Cara memotong durian yang sederhana dan mudah. Jika Anda masih belum tahu cara memotong durian, berikut adalah video YouTube tentang cara memotong durian.

Sumber :