Cara Melacak HP yang Hilang, Bisa Keadaan Mati dan Nyala

Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang atau Dicuri

Cara Melacak HP yang Hilang, Bisa Keadaan Mati dan Nyala

Ponsel dengan sistem operasi Android semakin diminati, namun juga semakin banyak pengguna yang mengeluhkan ponsel Android mereka hilang, tertinggal di suatu tempat, atau bahkan dicuri. Pengabaian ini berakhir dengan perasaan sedih, panik, dan kesal secara bersamaan.

Apalagi jika smartphone Android yang hilang adalah smartphone atau ponsel yang harganya mahal, dan memiliki spesifikasi yang tinggi. Anda tidak hanya kehilangan smartphone Android, tetapi juga semua isi data, mulai dari foto, video, kontak, hingga akun media sosial yang password loginnya masih tersimpan di smartphone.

Jika ini hilang, apa solusinya?

Bagi pengguna smartphone Android yang hilang atau dicuri, Anda masih bisa melakukan beberapa cara untuk menemukan ponsel Android yang hilang. Google sebagai pengembang Android juga memiliki cara tersendiri untuk menemukan ponsel yang hilang.

Terlepas dari merek smartphone, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, ASUS, ADVAN, atau semua merek dan tipe ponsel Android, Anda tetap dapat menemukan ponsel Android Anda yang hilang dengan sangat mudah.
#1 Melacak Lokasi Ponsel Android yang Hilang dengan Google Penelusuran

Kami masih dapat melacak lokasi ponsel Android yang hilang atau dicuri dengan bantuan mesin pencari Google. Jika lokasi smartphone yang hilang terdeteksi, lokasinya akan langsung muncul di hasil pencarian Google.

Ketik temukan perangkat saya, temukan ponsel saya, atau di mana ponsel saya. Kemudian Google akan menampilkan lokasi perangkat Android (baik tablet atau smartphone) di hasil pencarian.

mencari hp android yang hilang

Jika diminta login, maka login terlebih dahulu dengan akun Google yang sama dengan yang login di smartphone Android.

menemukan ponsel android yang hilang dicuri

Jadi, Google juga akan menampilkan lokasi ponsel Android yang telah dilacaknya.

mencari ponsel android

Jika yang muncul bukan smartphone yang hilang, atau nama smartphone yang diinginkan tidak muncul, pilih nama smartphone dan ganti dengan smartphone Anda yang hilang.

smartphone android hilang

Pelacakan ini tidak menampilkan secara detail lokasi ponsel Android yang hilang. Di sini, Anda hanya dapat melihat lokasi, dering, dan cadangan data Android.

Sayangnya, pelacakan ini membutuhkan GPS aktif di smartphone Android, serta smartphone dalam keadaan aktif. Jika GPS mati dan smartphone hilang dalam keadaan mati, maka serahkan saja ponsel tersebut. ️

Bagi pengguna yang GPSnya aktif dan smartphone Android-nya aktif, harus bisa mendeteksi lokasi smartphone yang hilang. Jika Google berhasil mendeteksinya, Anda memiliki opsi untuk menelepon ponsel Anda selama beberapa menit.

Meskipun smartphone Android yang hilang dalam keadaan Hening atau tanpa suara, dering tersebut akan tetap terdengar cukup keras. Sayangnya, hal ini tidak akan membantu apa-apa jika posisi ponsel yang hilang terlalu jauh dari telinga.

Jika kamu mendengar suaranya, dan ternyata HP hanya hilang di sekitarmu, maka segera angkat.

Perlu diingat, tidak semua GPS smartphone sempurna, dan tidak semua mampu menampilkan posisi tertentu – Anda perlu mencari ponsel Android dengan usaha ekstra, dan jika perlu, ajak teman atau kolega untuk mencari ponsel bersama.
#2 Menemukan Ponsel Android yang Hilang dengan Temukan Perangkat Saya

Find My Device adalah aplikasi resmi dari Google untuk membantu kita dalam mencari atau menemukan smartphone Android yang lupa kita simpan, tinggalkan, curi, atau hilang begitu saja.

Bagi pengguna yang sudah mengaktifkan GPS, dan smartphone sudah aktif sebelum hilang, Find My Device bisa membantu melacak ponsel.

Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Masih sama-sama menggunakan Temukan Perangkat Saya. Namun cara kedua ini lebih detail dengan berbagai solusi yang bisa kita lakukan saat smartphone Android kita hilang.

Dengan layanan ini, Anda tidak hanya dapat menderingkan smartphone Android yang hilang, tetapi juga mengunci, keluar/keluar dari akun Google Anda, dan menghapus semua data.

Masih di mesin pencari Google, pilih nama ponsel, lalu pilih Your other devices. Atau, klik di sini untuk langsung membuka halaman Temukan Perangkat Saya.

smartphone android hilang

Kemudian, buka daftar smartphone atau ponsel Android yang telah dikaitkan dengan akun Google Anda. Pilih salah satu yang hilang.

temukan ponsel yang hilang

Login ulang jika Google meminta Anda untuk login kembali.

smartphone hilang

Pada opsi pertama, Anda dapat langsung menderingkan ponsel Android yang hilang, terlepas dari apakah ponsel dalam keadaan Diam atau tidak. Ponsel Android yang hilang akan berdering selama beberapa menit. Untuk berdering, pilih Dering.

dering ponsel android hilang

Opsi kedua, Anda bisa mengunci smartphone Android Anda yang hilang dengan pesan atau catatan khusus. Anda juga dapat memberikan nomor telepon lain yang dapat dihubungi oleh penemu ponsel tersebut.

Sumber :