Materi EKONOMI MAKRO

Materi EKONOMI MAKRO

EKONOMI MAKRO

Definisi ekonomi makro

Pada tahun 1929-1933 terjadi Depresi Hebat. Dan di dalamnya, negara-negara di dunia mengalami masalah ekonomi. Pengangguran meningkat, output ekonomi menurun, dan investasi menurun tajam. Situasi ini membuat hipotesis tentang ekonomi klasik dipertanyakan. Tergantung mekanisme pasarnya. Situasi ini mendorong seorang ekonom terkemuka Inggris bernama John Maynard Keynes untuk mengutarakan pendapatnya dalam bukunya The General Theory of Employment, Interest and Money.

Makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan, dan ini menggambarkan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik memengaruhi tujuan bisnis dan mencapai neraca yang berkelanjutan.

Makroekonomi hanya membahas variabel yang berkaitan dengan gejala makroekonomi atau makroekonomi atau gejala umum, bukan perilaku individu pelaku ekonomi. Secara umum, ada banyak variabel yang merepresentasikan isu makroekonomi utama.

Perkembangan ekonomi makro

Perkembangan ekonomi makro muncul dari kegagalan ilmu ekonomi klasik yang sangat tidak toleran terhadap konsep mekanisme pasar dalam penyelenggaraan perekonomian. Adam Smith sebagai ekonom klasik pada tahun 1776 menulis buku berjudul The Wealth of Nations untuk meyakinkan para ekonom klasik bahwa konsep invisible hand atau pengoperasian mekanisme pasar dapat menentukan produk yang akan diproduksi.

Analisis makroekonomi mulai berkembang pesat setelah ekonom Inggris John Maynard Keynes menerbitkan pada tahun 1936 buku berjudul The General Theory of Employment, Interest and Money.

2.2 Pelaku Ekonomi

Komunitas pelaku ekonomi dapat dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing memiliki peran dan tujuan.

Rumah tangga atau konsumsi rumah tangga

Berikut peran RTK dalam kegiatan ekonomi:

Sebagai pemilik atau pemasok sumber daya atau faktor produksi dibutuhkan oleh kelompok pelaku ekonomi lainnya.

Bisnis atau produksi rumah

Peran FHH dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

Sebagai produsen atau pemasok barang yang diproduksi oleh kelompok masyarakat lain.

Sektor pemerintah, rumah tangga negara

Peran RTN dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

Sebagai produsen barang umum, sebagai operator RTK dan Offshore (RTLN).

Sektor luar negeri, rumah saya asing

Peran RTLN dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut: sebagai penghasil barang dan jasa yang dibutuhkan oleh kelompok pelaku lain dalam kegiatan ekonomi, sebagai pemasok faktor-faktor produksi yang dibutuhkan oleh kelompok pelaku ekonomi lainnya.

Baca Juga :