Kenali Visual Code Studio dan fitur utamanya

Editor kode adalah perangkat lunak yang harus Anda instal saat membuat aplikasi. Sayangnya, tidak banyak editor kode yang menawarkan fungsionalitas penuh. Akibatnya, Anda perlu menginstal beberapa perangkat lunak secara bersamaan.

Kenali Visual Code Studio dan fitur utamanya

Nah, jika Anda mencari editor kode berfitur lengkap, Visual Code Studio mungkin jawabannya. Code editor ini memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Kenali-Visual-Code-Studio-dan-fitur-utamanya

Penasaran apa saja fiturnya? Untungnya Anda telah datang ke tempat yang tepat. Karena kali ini kami akan mengulas software ini untuk Anda. Dari memahami fitur-fitur utama hingga mempelajari Visual Code Studio.

Tanpa basa-basi lagi, inilah artikel lengkapnya!

Apa itu Visual Code Studio?

Studio Kode Visual

Visual Code Studio adalah editor kode gratis yang berjalan di perangkat desktop berbasis Windows, Linux, dan macOS. Code editor ini dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, Microsoft.

Visual Code adalah perangkat lunak editor yang kuat, namun mudah digunakan. Ini dapat digunakan untuk membuat dan mengedit kode sumber untuk berbagai bahasa pemrograman. Misalnya JavaScript, TypeScript dan Node.js.

Bahkan, Visual Code Studio juga kompatibel dengan bahasa lain dan lingkungan runtime seperti PHP, Python, Java, dan .NET. Ini berkat ekosistemnya yang besar dan ketersediaan banyak ekstensi.

Maka tidak heran jika Visual Code menjadi code editor terpopuler saat ini. Ini menurut survei Stack Overflow, di mana software ini menempati urutan teratas dengan pangsa pengguna 71,06%.
Fitur Visual Code Studio

Berikut ini adalah beberapa fitur Visual Code Studio yang menjadikannya software editor yang paling banyak digunakan saat ini:
1. Pengeditan dasar

Sesuai dengan fungsinya sebagai code editor, kemampuan pemrograman Visual Code Studio tidak perlu diragukan lagi. Ini memiliki semua yang Anda butuhkan. Mulai dari pintasan keyboard hingga pilihan ganda hingga pemilihan kolom.
Pintasan keyboard untuk Visual Code Studio

Bahkan, Visual Code juga menambahkan kemampuan Auto Save dan Hot Exit. Keduanya berfungsi untuk menyimpan file secara otomatis. Ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, mis. B. Lupa menyimpan file.

Baca Juga: 9+ Tips Belajar Pemrograman Lengkap untuk Pemula
2. IntelliSense

IntelliSense merupakan fitur Visual Studio yang dapat mempermudah proses coding. Ini berfungsi mirip dengan pelengkapan otomatis karena menyarankan seluruh kata berdasarkan apa yang Anda ketik.
Kode Intellisense Visual Studio

Nah, IntelliSense tersedia secara default untuk JavaScript, TypeScript, JSON, HTML dan CSS. Namun jangan khawatir, Anda bisa menambahkan IntelliSense untuk bahasa pemrograman lain melalui Extension Marketplace.
3. Debug

Fitur penting lainnya dalam Visual Code adalah debugging. Fitur ini berguna untuk memudahkan Anda dalam mengedit, mengkompilasi, dan menjalankan kode (loop) berulang kali.
Debugging Visual Code Studio

Secara default, Visual Studio menyediakan fitur debugging untuk Node.js. Namun, Anda masih dapat mengunduh debugging untuk bahasa pemrograman lain dari Extension Marketplace.
4. Ekstensi Marketplace

Extension Marketplace adalah fitur yang membedakan Visual Code Studio dari para pesaingnya. Dengan ekstensi, Anda dapat dengan mudah menginstal alat, debugger, dan bahkan bahasa pemrograman tambahan.
Ekstensi Pasar Kode Visual Studio

Ini mempercepat proses pengembangan aplikasi. Menariknya, Kode Visual memungkinkan pembuat ekstensi untuk berkontribusi secara fungsional dan menghindari masalah kompatibilitas.

Baca Juga: Panduan Pengembangan Web untuk Pemula [Lengkap]
5. Integrasi Github

Fitur hebat lainnya dari Visual Code adalah integrasi dengan Github, platform manajemen proyek paling populer di dunia. Di sini Anda dapat berbagi kode dan berkolaborasi dengan rekan kerja tanpa harus berpindah perangkat lunak.
Studio Kode Visual GitHub

Hal ini juga sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menyiapkan akun Github dan kemudian menginstal Github Pull Requests and Issues dari Extension Marketplace.
Manfaat Visual Code Studio

Setelah mempelajari fitur-fitur Visual Code Studio, pelajari manfaat menggunakan Visual Studio Code untuk coding:

1. Tersedia di Berbagai Platform – Kode Visual dapat diinstal di platform Linux, macOS, dan Windows. Jadi tidak ada lagi masalah dengan dukungan untuk perangkat yang Anda gunakan.

2. Fungsionalitas penuh – Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsionalitas penuh adalah keunggulan utama Visual Studio. Ini berkat Extension Marketplace, memungkinkan Anda menambahkan fitur secara bebas

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel murah