Kebun Binatang Bandung: Biaya Masuk, Lokasi, Jam Buka

Bandung memang terkenal dengan jutaan wisata alamnya. Namun tidak banyak yang mengira bahwa Bandung sebenarnya memiliki kebun binatang bernama Bandung Zoo.

Kebun Binatang Bandung: Biaya Masuk, Lokasi, Jam Buka

Kebun binatang ini terletak tepat di pusat Kota Bandung. Tempat wisata edukasi ini memiliki banyak koleksi satwa termasuk satwa yang dilindungi dan terancam punah.

Kebun-Binatang-Bandung-Biaya-Masuk-Lokasi-Jam-Buka

Hewan-hewan ini hidup di cagar alam yang subur, indah, dan bersih. Di sini juga semua hewan datang untuk pemeriksaan kesehatan rutin, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Koleksi hewan di situs ini terdiri dari famili mamalia, reptil, burung, dan ikan. Pengunjung dapat memanfaatkan koleksi hewan yang ada sebagai bahan edukasi khususnya untuk anak-anak.

Sekilas tentang Kebun Binatang Bandung

Mirip tapi tidak sama dengan Wisata Kota Tua Jakarta, kebun binatang ini merupakan tempat wisata lama di Kota Bandung. Sudah ada sejak tahun 1930-an dan masih beroperasi sampai sekarang.

Luas totalnya adalah 14 hektar dan terdiri dari beberapa zona dengan rincian sebagai berikut:

25% sebagai zona rumah
20% sebagai taman dan zona membaca
7% sebagai zona kolam dan taman hiburan
4% sebagai zona pengolahan limbah
Sisanya adalah zona perkantoran, zona pejalan kaki dan museum akuarium.

Kebun binatang ini telah mengalami beberapa kali pergantian nama. Misalnya, pernah disebut Derenten.

Kemudian berubah kembali menjadi Bandung Zoological Park dan pernah juga berubah nama menjadi Tamansari Margasatwa. Namun kini nama tetap dari kebun binatang ini adalah Kebun Binatang Bandung.

Kini total koleksi satwa yang hidup di Kebun Binatang Bandung ini mencapai sekitar 800 ekor, terdiri dari ikan, reptil, burung, dan mamalia.

Kebun binatang ini sudah lama menjadi tujuan wisata populer bagi warga Bandung dan sekitarnya. Tempat wisata terkenal di Bandung ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, tetapi juga berperan penting sebagai wahana pendidikan dan penelitian.

Khusus untuk menunjang kegiatan rekreasi, pihak pengelola telah melengkapi kebun binatang ini dengan beberapa fasilitas wisata. Misalnya kolam perahu, taman bermain dan wahana flying fox.
Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Wisatawan perlu membeli tiket masuk di loket sebelum memasuki tempat wisata ini. HTM relatif murah dan ada 2 jenis tiket yaitu tiket untuk perorangan dan tiket untuk rombongan.

Untuk HTM terbaru, lihat tabel di bawah ini:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk 50.000 IDR per orang
Tiket Masuk Group Tour Rp 40.000 – Rp 45.000,00 per orang

HTM Umum berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm. Sementara itu, ketentuan berikut berlaku untuk peserta tur grup:

HTM IDR 45.000,00 berlaku untuk peserta tour group umum (trip, family dll)
HTM IDR 40.000,00 berlaku untuk peserta tour rombongan sekolah
Untuk rombongan lebih dari 30 peserta dan kelipatannya, ada 1 tiket gratis untuk salah satu peserta rombongan
Tiket khusus untuk rombongan ini tidak berlaku pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Tempat Wisata di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Di sini Anda bisa melihat berbagai atraksi. Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan menyenangkan selama kunjungan Anda.

Untuk informasi lengkapnya, lihat rangkumannya di bawah ini:
wisata pendidikan

Sama seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan kebun binatang lainnya pada umumnya, Kebun Binatang Bandung merupakan sarana wisata edukasi bagi seluruh pengunjung.

Nilai edukatif yang bisa didapatkan tidak hanya sekedar belajar tentang satwa dan habitatnya, tetapi juga bagaimana cara melestarikannya. Pengunjung setidaknya akan tahu bahwa hewan-hewan ini membutuhkan perlindungan.

Kebun Binatang Bandung juga merupakan fasilitas yang tepat untuk penelitian dari berbagai bidang keilmuan.
perjalanan budaya

Kebun Binatang Bandung memang istimewa karena pengunjung tidak hanya berkesempatan belajar tentang satwa. Anda juga akan mendapatkan berbagai suguhan berupa pertunjukan seni budaya khas Sunda.

Momen jenis ini biasanya akan ramai saat musim liburan. Karena saat musim liburan, wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 2-3 kali lipat.

Seniman lokal suka memainkan angklung mereka. Tentunya momen ini sangat baik untuk mendekatkan anak-anak dan remaja kita dengan seni budaya tradisional.
mengenal hewan lebih baik

Berbagai satwa yang dilindungi hidup di Kebun Binatang Bandung, Kebun Binatang Bali, Gembira Loka dan kebun binatang lainnya.

Papan informasi yang dipasang di dekat kandang memungkinkan pengunjung mendapatkan informasi tentang setiap hewan di dalam kandang. Misalnya kategori yang mana, dari famili mana, status hewan dan sebagainya.
teater hewan

Kebun binatang ini juga mengajak pengunjung untuk menyaksikan aktivitas anjing pudel dan burung beo yang sangat menggemaskan.

Ajak si kecil untuk melihat aksi hewan-hewan lucu ini. Buah harus

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja