Gen adalah: fungsi, sifat, struktur, ekspresi, lokasi, teori

Pahami gen
Buka baca cepat

Gen adalah komponen elemen karakteristik bagi makhluk hidup. Bentuk Bentuk adalah urutan DNA yang mengandung protein, polipeptida, dan untai RNA yang memiliki manfaat bagi makhluk hidup yang memilikinya. Gen pemetaan modern adalah wilayah spesifik dari genom yang terkait dengan anggota dan dapat dikaitkan dengan kegunaan sebagai panduan, target transkripsi, atau tugas fungsional lainnya.
Fungsi gen

Gen-adalah-fungsi-sifat-struktur-ekspresi-lokasi-teori
Di bawah ini adalah beberapa fungsi gen, sebagai berikut:

Memberikan informasi tentang genetika dari generasi ke generasi
Mengonfirmasi formulir pada keturunan. Misalnya, dalam bukti di hadapan kita
Bentuk tersebut bisa berupa rambut, badan, warna kulit, dan lain-lain
Memeriksa, memantau metabolisme dan pertumbuhan tubuh

Ciri genetik

Berikut beberapa ciri-ciri gen yaitu sebagai berikut:

Simpan informasi genetik
Setiap gen memiliki tanggung jawab dan peran yang berbeda
Gen dapat membuat salinan pada saat mitosis dan meiosis dipisahkan
Gen ditentukan oleh lapisan gabungan basa nitrogennya
Seperti partikel yang ada di kromosom

Struktur gen

Ada 4 bagian dalam struktur gen diantaranya sebagai berikut:

Pembuat enkode

Encoder adalah ekson dan intron yang menentukan RNA dan protein. Intron adalah urutan yang tidak menentukan asam amino, sedangkan ekson adalah bentuk yang harus didefinisikan sebagai asam amino.

promotor

Promotor adalah sekuens DNA spesifik yang berfungsi membuat salinan gen struktural dan terletak di wilayah hulu dari bentuk struktural gen tersebut. Promotor bertindak sebagai tempat pertama enzim RNA polimerase, yang kemudian membuat salinannya berjalan dalam bentuk struktural.

operator

Operator terdiri dari serangkaian nukleotida di sekitar promotor dan bagian struktural dan di sinilah protein penekan dikencangkan. Jika penekan dipasang pada operator, RNA polimerase tidak dapat lewat dan ekspresi gen tidak dapat diproses. Fungsi penekan adalah untuk memblokir sedangkan enhancer digunakan untuk meningkatkan proses penyalinan dengan menambahkan beberapa RNA polimerase. Namun, lokasinya tidak di lokasi yang unik, mis. B. di operator.
Baca lebih lanjut: Ekonomi campuran

Terminator

Terminator dibuktikan dengan struktur yang kaya dari larik GC yang memanifestasikan dirinya dalam molekul RNA saat salinan diambil.
Ekspresi gen

Ekspresi gen adalah suatu proses di mana penjelasan gen-gen yang terlibat dalam sintesis dihasilkan dari gen fungsional. Namun, produk ini seringkali menjadi protein pada gen non-protein seperti gen rRNA atau gen tRNA. Proses ekspresi gen digunakan oleh semua makhluk hidup seperti eukariota, prokariota dan virus untuk mengawetkan mesin makromolekul untuk kehidupan.
Tempat umum
Gen secara teratur dirangkai di lengan kromosom. Lokasi gen disebut lokus. Dalam sel somatik, kromosom selalu berpasangan dengan kromosom homolognya, sehingga gen tersebut ada berpasangan di dalam sel.
Teori tentang gen

Berikut adalah teori-teori tentang genetika, yaitu:

Teori ovisme berpendapat bahwa yang sebenarnya memiliki sifat keturunan adalah sel telur yang diproduksi oleh induk betina. Sedangkan sel jantan hanya menghasilkan cairan yang berperan sebagai penggerak perkembangan telur.
Teori kalsulisme hewan, seiring dengan ditemukannya mikroskop, para ilmuwan pada saat itu mengemukakan bahwa terdapat hewan kecil dalam cairan yang dihasilkan oleh individu jantan, pada saat itu dinamakan otot hewan, yang sekarang disebut spermatozoa. Dipastikan oleh sel laki-laki bahwa ini adalah sifat makhluk hidup, sedangkan sel perempuan hanya sebagai penggerak.
Teori preformasi dikembangkan oleh Anthonie van Leeuwenhoek (1632-1723), Swammerdam (1637-1680). Bonnet (1720-1793) mengemukakan bahwa sperma membentuk orang-orang kecil. Ini sejalan dengan evolusi penemuan mikroskop sederhana.
Teori epigenesis dikembangkan oleh Wolff (1733-1794), Von Baer (1792-1880). Teori ini bertentangan dengan teori sebelumnya dengan teorinya bahwa baik spermatozoa maupun sel telur tidak memiliki struktur seperti teori preformasi, tetapi telur yang dibuahi dari laki-laki menahan pertumbuhan sedikit demi sedikit untuk menjadi individu yang sempurna.
Teori pangenesis yang dikemukakan oleh Carles Darwin (1809-1882) menyatakan bahwa terdapat tunas Tnas pada sel kelamin yang berkembang setelah sel telur dibuahi oleh sel jantan.
Agustus

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/