√ Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri, Structure, Contoh

Teks eksplanasi: definisi, tujuan, karakteristik dan struktur umum dalam bahasa Inggris dengan contoh

explanation-text-generic-structure

“Penjelasan adalah rangkaian pernyataan yang dirancang untuk menggambarkan rangkaian fakta yang memperjelas sebab, konteks, dan akibat dari fakta tersebut”.

Pada kesempatan kali ini, IBI akan membahas teks dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis teks bahasa Inggris antara lain: Descriptive, Procedure, Narrative, Recount, Report, Explanation, Analytical Presentation, Hortatory Exposure, Procedure, Discussion, Review, Anecdote, Spoof, dan News. Setiap teks memiliki tujuan yang berbeda dan struktur teks yang berbeda. Namun kali ini kita akan melihat secara khusus makna, tujuan, sifat, struktur generik, dan contoh teks eksplanasi, mari kita lihat.

Memahami teks eksplanasi

Tampilkan daftar bacaan cepat

Pada bagian ini kita membahas tentang pengertian teks eksplanasi. Apa itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan cara (proses) suatu peristiwa, terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah, atau dunia sosial budaya. Tujuannya adalah untuk memberitahu pembaca atau pendengar bagaimana sesuatu terjadi. Sebuah teks eksplanasi biasanya muncul dari pertanyaan penulis tentang “mengapa” dan “bagaimana” dari suatu fenomena yang ada.

2. Tujuan teks eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu atau kegiatan yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmiah, budaya, dan lainnya, yang bertujuan untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana hal itu dapat terjadi.

3. Sifat-sifat teks eksplanasi

Berasal dari pertanyaan penulis tentang “mengapa” dan “bagaimana” dari suatu fenomena yang ada
Lepas dari fenomena, fokus materi bukan pada objek atau orangnya, tetapi pada peristiwa atau peristiwa yang terjadi pada orang atau objek tersebut.
Menggunakan simple present tense
Penggunaan kata kerja tindakan
Gunakan suara pasif
Gunakan frase kata benda
Penggunaan frase adverbial
Penggunaan istilah teknis
Penggunaan kata benda umum dan abstrak
Dengan koneksi waktu dan sebab dan akibat.

4. Teks eksplanasi untuk struktur generik

Pernyataan umum

Yaitu pengenalan suatu acara yang akan kita ceritakan. Atau gambaran umum dari acara tersebut. Pernyataan umum berisi penjelasan umum tentang fenomena yang sedang dibahas, dapat berupa pengenalan fenomena atau penjelasan.

Serangkaian penjelasan

Itulah penjelasan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Pada bagian ini, penulis dapat menulis lebih dari satu paragraf. Urutan penjelasan berisi penjelasan tentang proses mengapa fenomena itu terjadi atau dapat muncul. Urutan penjelasan berupa jawaban atas pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” yang diajukan penulis saat membuat teks eksplanasi. Dalam rangkaian penjelasan, dapat terdiri lebih dari satu paragraf.

Menyimpulkan

Itulah kesimpulan atau kesimpulan dari cerita tersebut. Sebenarnya, penutup tidak tercantum dalam struktur generik teks eksplanasi, tetapi kebanyakan orang berpikir bahwa paragraf terakhir dari teks eksplanasi menutup, meskipun itu adalah bagian dari urutan eksplanasi, yang mencakup langkah-langkah terakhir yang dijelaskan dalam urutan eksplanasi. bagian.

5. Contoh teks eksplanasi

Pelangi

Pelangi adalah fenomena meteorologi yang disebabkan oleh pemantulan, pembiasan, dan penghamburan cahaya pada titik-titik air, sehingga menimbulkan spektrum cahaya di langit. Itu dalam bentuk lengkungan warna-warni. Pelangi yang disebabkan oleh sinar matahari selalu muncul di bagian langit yang berhadapan langsung dengan matahari.

Pelangi bisa menjadi lingkaran penuh; namun, pengamat rata-rata hanya melihat busur yang dibentuk oleh tetesan cahaya di atas tanah dan berpusat pada garis dari matahari ke mata pengamat.

Dalam pelangi primer, busur menunjukkan warna merah di bagian luar dan ungu di bagian dalam. Pelangi ini disebabkan oleh fakta bahwa cahaya dibiaskan saat memasuki setetes air, kemudian dipantulkan di bagian belakang tetesan dan dibiaskan lagi saat keluar.

Dalam pelangi ganda, lengkungan kedua terlihat di luar lengkungan utama, yang warnanya dibalik, dengan warna merah di bagian dalam lengkungan.

Sumber :