Demokrasi adalah: sejarah, ciri, prinsip, jenis, tujuan

Pentingnya demokrasi
Baca Buka Cepat

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mengambil keputusan yang meningkatkan taraf hidupnya. Demokrasi mengandung arti bahwa setiap warga negara berpartisipasi secara terbuka dan tidak langsung dalam proses pemerintahan. Demokrasi terbuka menyiratkan bahwa semua warga negara memainkan peran langsung dan aktif dalam penerapan peraturan pemerintah. Dalam demokrasi perwakilan, semua orang adalah kedaulatan yang sah, tetapi kedaulatan politik dilakukan secara tidak langsung melalui representasi.

Demokrasi-adalah-sejarah-ciri-prinsip-jenis-tujuan
Pentingnya demokrasi menurut para ahli

Berikut beberapa pendapat para ahli demokrasi sebagai berikut:
1. Menurut Hansard

Menurut Hansard, berbagai bentuk pemerintahan telah dicoba dan diadili di dunia yang penuh dosa dan penderitaan ini. Tidak ada yang berpura-pura bahwa demokrasi itu sempurna atau serba bijak. Faktanya, demokrasi dikatakan sebagai bentuk pemerintahan yang paling buruk, kecuali semua bentuk lain yang telah dicoba dari waktu ke waktu. ”

2. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, kata “demokrasi” berasal dari dua kata yaitu Demos yang artinya rakyat, dan Kratos / Cratein yang artinya pemerintahan, sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat atau pemerintahan rakyat oleh rakyat dan untuk orang orang .
3. Menurut KBBI

Menurut KBBI, demokrasi adalah pandangan hidup dan pemikiran yang mengedepankan hak dan kewajiban serta berlaku sama bagi semua orang.
4. Menurut Harris Soche

Menurut Harris Soche, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat, oleh karena itu kekuasaan pemerintahan melekat pada diri rakyat atau rakyat dan hak rakyat atau rakyat untuk berorganisasi, membela dan melindungi diri dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau dilimpahkan. tubuh. untuk memerintah.

5. Setelah Hennry B. Mayo

Menurut Hennry B. Mayo, ketertiban umum ditentukan atas dasar mayoritas perwakilan yang dalam pemilu berdasarkan prinsip kesetaraan politik, diawasi secara efektif oleh rakyat dan berlangsung dalam suasana di mana kebebasan politik berlaku.
Baca lebih lanjut: Hubungan Internasional

Sejarah Demokrasi di Indonesia

Demokrasi muncul dari pemahaman atau ajaran Plato (429 – 347 SM) dan Aristoteles (384 – 322 SM) dalam bentuk pemerintahan klasik. Dan di Yunani kuno itu terjadi dalam kondisi yang sederhana, dengan wilayah negara terbatas pada kota kecil berpenduduk sekitar 300.000 jiwa.7 Demokrasi juga dimulai di Amerika Serikat, diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincon (1808) – 1865) tentang perbudakan kulit hitam di Amerika Serikat. Saat ini yang dimaksud dengan demokrasi adalah pemerintahan rakyat, rakyat, dan rakyat. Dengan kemerdekaan masing-masing negara maka akan ada pemahaman yang akan diadopsi di setiap negara. Termasuk negara-negara jajahan kolonialisme dan imperialisme.

Demokrasi di Indonesia tumbuh dan berkembang seiring dengan perjuangan para pahlawan bangsa. Berdasarkan gerakan dan pemahaman yang masuk ke Indonesia, saya mengembangkan ide saya sendiri tentang kemana negara ini dipimpin oleh para pendiri negara. Para pendiri bangsa tidak semuanya menentukan arah dan bentuk negara seperti apa yang akan dimulai. Menurut Prof. DR. Azyumadi Azra, MA Sejarah demokrasi di Indonesia mengalami pasang surut (fluktuasi) dari kemerdekaan hingga saat ini. Tantangan dan hambatan semakin tajam. Dalam perjalanan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia masalah utamanya adalah bagaimana demokrasi muncul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Karakteristik demokrasi

Berikut adalah beberapa ciri demokrasi sebagai berikut:

Pemerintah didasarkan pada keinginan dan kebutuhan banyak orang.
Ciri ketatanegaraan adalah keadaan yang berkaitan dengan kebutuhan, keinginan atau kedaulatan rakyat yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan negara.
Ciri khas representasi adalah bahwa dalam penyelenggaraan negara, kewenangan rakyat diwakili oleh sejumlah orang yang dapat dipilih oleh rakyat itu sendiri.
Ciri pemilihan parlemen adalah kegiatan politik yang dilakukan untuk berpartisipasi dalam pemerintahan.
Ciri partai adalah partai menjadi institusi atau infrastruktur yang menjadi bagian dari pelaksanaan prosedur demokrasi.
Karakteristik kekuasaan, adanya pengelompokan dan pelepasan kekuasaan.
Ciri-ciri tanggung jawab, adanya bagian tanggung jawab yang dapat dipilih untuk mengambil bagian dalam penyelenggaraan suatu proses demokrasi.

Prinsip demokrasi

Berikut adalah beberapa prinsip demokrasi, yaitu sebagai berikut:

Negara menurut konstitusi

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/