Cara Mengaktifkan Firewall Windows Dengan Mudah

compatibleone.org – Komputer terutama dilengkapi dengan firewall, jadi firewall itu sendiri adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk memungkinkan lalu lintas jaringan pada komputer atau laptop.

Lalu lintas jaringan pada dasarnya sama dengan razia kendaraan. Disinilah semua data yang masuk dan melewati jalur tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu.

Jika data aman, maka akan diizinkan melewati jaringan, jika tidak aman, akan dicegah melewati jaringan.

Selanjutnya, seperti kebanyakan metode keamanan, ini memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak perlindungan untuk komputer atau laptop Anda.

Dengan Windows Firewall, akan sangat membantu Anda mengakses komputer yang terhubung ke Internet dengan aman.

Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara melindungi PC dengan menyalakan Windows Firewall. Nah, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini dan Anda akan bisa langsung mempraktekkannya dengan mudah dan praktis tanpa repot.

Fitur firewall Windows

Cara Mengaktifkan Firewall Windows

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi dari Windows Firewall? Sangat penting untuk Windows. Nah, berikut ini beberapa fitur Windows Firewall yang perlu Anda ketahui:

  1. Melindungi dari cacing

Windows Firewall memainkan peran penting dalam melindungi komputer dari worm, tetapi tidak dapat melindungi dari virus, malware, spyware, dan sejenisnya. Untuk melindungi diri Anda dari virus, instal antivirus.

  1. Lindungi dari konten berbahaya

Windows Firewall melindungi komputer dengan memblokir koneksi eksternal yang mungkin merupakan perangkat lunak atau konten berbahaya.

  1. Perlindungan terhadap peretasan (piracy)

Pembajakan konten di laptop atau PC adalah masalah serius karena peretas dapat menggunakan informasi dan data penting yang ada. Nah, firewall berperan penting dalam melindungi pengguna agar tidak diretas atau diretas.

Cara Mengaktifkan Firewall Windows Dengan Mudah

Pada dasarnya untuk menjalankan firewall di Windows, baik itu Windows XP atau Windows versi terbaru, Windows 10 hampir sama.

Silahkan ikuti step by step tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun, beginilah cara aktivasi Windows Firewall.

  1. Klik Mulai > Panel Kontrol

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke panel kontrol menggunakan . Klik Mulai > Panel Kontrol.

  1. Klik Sistem dan Keamanan

Kemudian Anda klik Sistem dan Keamanan.

  1. Pilih Windows Firewall

Jika demikian, klik Windows Firewall.

  1. Pilih Aktifkan atau nonaktifkan Windows Firewall

Cukup buka menu di sebelah kiri yang bertuliskan “Turn Windows Firewall on or off”

  1. Klik Mainkan

Langkah selanjutnya pilih Run, klik OK.

Cara mengaktifkan pencarian firewall

Selain menyalakan firewall melalui menu Start atau Control Panel, Anda juga dapat mengaktifkan firewall ini melalui alat pencarian Windows. Berikut cara mengaktifkan Windows Firewall melalui pencarian:

  1. Klik Cari

Langkah pertama adalah klik Cari Windows. Untuk Windows 7 dan 10, Anda akan menemukannya di kiri bawah bagian Mulai. Karena saya menggunakan Windows 8, tombol start ada di sebelah kanan.

Cara menampilkannya Saat Anda memindahkan kursor ke kanan desktop, sebuah menu akan muncul.

  1. Tulis firewall

Kemudian ketik “firewall” di kolom pencarian. Maka akan muncul hasil pencarian. Klik Firewall untuk mulai mengaktifkan firewall.

  1. Klik Hidupkan atau matikan Windows Firewall

Setelah memasukkan pengaturan firewall, klik Hidupkan atau matikan Windows Firewall.

  1. Aktifkan Windows Firewall

Nah, di bagian ini Anda bisa mengaktifkan Windows Firewall. Pilih Aktifkan Windows Firewall seperti dijelaskan di atas. Jika Anda mengklik OK.

Sumberr: ppklkemenkop.id