Canon EOS R3 hadir di Indonesia, inkarnasi dari EOS-1D X Mark III dengan pemotretan burst 30fps

Canon EOS R3 hadir di Indonesia, inkarnasi dari EOS-1D X Mark III dengan pemotretan burst 30fps

Canon EOS R3

Harga Canon EOS R3 adalah Rp 117.370.000 untuk bodi saja. Fitur unggulan lainnya termasuk Eye Control AF, Vehicle Priority AF, dan perekaman RAW hingga 6K

Lukman Azis – 2 Desember 2021

Canon EOS R3-4

Pada tahun 2021, Canon hanya akan merilis satu model kamera mirrorless. Nama EOS R3 adalah kamera andalan tanpa cermin full-frame yang dirancang untuk fotografer profesional yang menghargai kecepatan, kualitas gambar tinggi, dan kekokohan untuk memotret di medan apa pun. Contohnya termasuk fotografi olahraga, satwa liar, dan foto jurnalistik.

Bisa dibilang merupakan jelmaan dari DSLR flagship terbaru Canon, EOS-1D X Mark III, yang dilengkapi dengan sistem kamera EOS R dan teknologi yang jauh lebih canggih. Fitur unggulan termasuk pemotretan beruntun 30 fps, Eye Control AF, Vehicle Priority AF, dan perekaman RAW hingga 6K.

Pada acara peluncuran virtual bertajuk “Built for Speed”, Canon hingga Pt. Datascrip selaku distributor eksklusif produk digital imaging Canon di Indonesia telah memperkenalkan EOS R3 yang dibanderol dengan harga Rp. 117.370.000 untuk bodi saja dan bergaransi 2 tahun dari Datascrip.

Rekomendasi Canon EOS R3

Dalam hal spesifikasi, Canon EOS R3 dilengkapi dengan sensor Stacked CMOS backlit 24,1 MP generasi baru, yang dirancang dan diproduksi oleh Canon sendiri, dikombinasikan dengan prosesor DIGIC X.

Rana elektronik kamera ini memungkinkan pemotretan bersambungan hingga 30 fps pada resolusi penuh, sementara fokus otomatis (AF) dan eksposur otomatis (AE) masih aktif. Kecepatan maksimum rana elektronik adalah 1/64.000 detik.

EOS R3 juga dapat mengurangi distorsi rana bergulir, teknologi sensor terbaru memungkinkan pengguna bekerja dengan nyaman tanpa terganggu oleh pemadaman di layar. Di sisi lain, jika Anda menggunakan rana mekanis, kecepatan turun menjadi 12 fps dan kecepatan rana maksimum hingga 1/8.000 detik.

Sistem autofokusnya menggunakan teknologi Dual Pixel CMOS AF II dan EOS R3 menawarkan fitur yang sangat menarik, yaitu Eye Control AF. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih titik fokus berdasarkan gerakan mata melalui Electronic Viewfinder (EVF).

Sebagai jurnalis foto yang pernah mencoba EOS R3, Mast Irham menilai Canon EOS R3 sangat membantu dan memudahkan untuk mengabadikan momen terbaik. “Teknologi Eye Control AF sangat berguna bagi saya yang membutuhkan titik fokus dengan cepat, lebih cepat daripada memindahkan titik fokus menggunakan tombol-tombol di kamera. Sekarang titik fokus bisa diatur dengan cepat dan mudah hanya dengan menggerakkan bola mata ke arah subjek saya. ingin mendapatkannya,” katanya.

Untuk penyesuaian gambar, EOS R3 menawarkan jendela bidik elektronik dengan panel OLED dengan resolusi 5,76 juta titik dan didukung oleh kecepatan refresh 120 fps, yang memastikan pengalaman pemotretan yang alami. Pengguna juga dapat mengambil gambar dari berbagai sudut dengan LCD sentuh vari-angle 3,2 inci, 4,14 juta titik.

Selain itu, Mast Irham juga sangat terkesan dengan fitur Vehicle Priority AF. Canon terus mengembangkan EOS iTR (Intelligent Tracking & Recognition) AF X dengan teknologi pembelajaran mendalam. Selain fungsi Eye Detection AF dan Animal Detection AF, EOS R3 hadir dengan fitur baru yang sangat didambakan oleh para penggemar fotografi mobil aksi cepat, yaitu Vehicle-Priority AF.

Sistem autofokus EOS R3 dapat mendeteksi mobil dan sepeda motor yang bergerak cepat, bahkan untuk fokus yang lebih akurat pada helm pengemudi. Kamera ini memiliki fitur AF detection hingga EV -7.5, yang sangat membantu pengguna untuk fokus saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Sumber :