Bidang Khusus Akuntansi

Bidang Khusus Akuntansi

Bidang-Khusus-Akuntansi

Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan masalah perusahaan yang semakin kompleks yang didorong oleh kemajuan teknologi, serta meningkatnya peraturan pemerintah tentang kegiatan perusahaan, akuntan harus mengkhususkan diri pada keahlian akuntansi mereka.

Bidang Khusus Akuntansi meliputi:

1. Akuntansi keuangan

Juga dikenal sebagai akuntansi umum, ini adalah akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan berkala yang berpedoman pada prinsip akuntansi.

2. Mengaudit akuntansi

Ini adalah kegiatan akuntansi yang berkaitan dengan audit keuangan atau akuntan publik. Audit akuntan publik untuk catatan pendukung laporan keuangan dengan menunjukkan kelayakan dan keandalan laporan.

3. Akuntansi manajemen

Titik sentral dalam akuntansi manajemen adalah informasi untuk pihak-pihak di dalam perusahaan. Akuntansi manajemen antara lain menggunakan pengendalian aktivitas perusahaan, pengendalian arus kas, dan evaluasi alternatif dalam pengambilan keputusan.

4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Ini adalah bidang akuntansi yang berfokus pada aktivitas yang berkaitan dengan memperkirakan biaya dan mengendalikan biaya. Terutama yang berkaitan dengan biaya produksi suatu barang.

5. Akuntansi pajak

Bidang akuntansi perpajakan meliputi penyusunan SPT dan mempertimbangkan konsekuensi perpajakan dari transaksi bisnis yang direncanakan.

Baca Juga :