6 Alat Pengaman Mobil Anti Maling yang Bisa Diterapkan

6 alat pengaman anti maling mobil yang bisa dipasang di mobil

6 Alat Pengaman Mobil Anti Maling yang Bisa Diterapkan

1. Kunci roda kemudi

Perangkat keamanan pertama di dalam mobil adalah kunci roda kemudi. Kunci roda kemudi sendiri berfungsi untuk menghalangi pergerakan roda kemudi mobil anda, alat pengaman ini dipasang pada roda kemudi mobil anda dengan cara menghubungkan roda kemudi mobil dengan salah satu komponen seperti rem atau kopling agar mobil tidak dapat bergerak. Saat ini banyak sekali jenis kunci roda kemudi mobil yang beredar di pasaran, antara lain:
Kunci hipower

Sistem penguncian yang ditawarkan setir Hipowerlock cukup sederhana dan praktis, namun tentunya berkualitas baik. Untuk memasangnya, cukup pasang kunci roda kemudi pada posisi setir.
jam alarm hipo

Masih dari tipe Hipowerlock, kunci setir tipe ini memiliki fungsi tambahan yaitu alarm. Pemasangannya agak susah sehingga alarm berbunyi saat sistem penguncian bekerja.
Viral: Cari tahu harga mobil jeep terbaru 2021 sebelum membelinya
Kunci hipowerlok berat

Jenis kunci roda kemudi ini menawarkan dua sistem penguncian dalam model yang sedikit memanjang. Bahan berat dari kunci hipowerlok tidak hanya desain yang bagus tetapi juga stainless steel.
jale

Yale adalah roda kemudi pengunci yang dirancang khusus untuk mengamankan roda kemudi mobil Anda. Bentuknya yang kokoh dengan perpaduan warna hitam dan kuning yang bisa menandakan lingkar kemudi terkunci atau tidak.
2. Kunci roda

Perangkat keamanan mobil selanjutnya adalah kunci roda. Alat ini merupakan pengaman mobil dari baja dan bertekstur cukup keras dengan pelapisan krom/nikel. Kunci roda sendiri merupakan salah satu perangkat pengaman mobil yang bisa menjadi pilihan untuk mobil Anda. Selain itu, kunci roda berfungsi untuk membuka baut dan memasang tutup roda. Cara kerja alat ini adalah dengan menyambungkan roda mobil sedemikian rupa sehingga mobil tidak bisa bergerak untuk meminimalisir pencurian mobil kesayangan anda.
3. Jam alarm

Salah satu keunggulan dari alat pengaman mobil ini adalah mengeluarkan suara sebagai sinyal peringatan saat terjadi malfungsi pada mobil Anda. Selain itu, alat ini juga memiliki banyak tanda yang dapat diberikan peringatan ini seperti: B. saat Anda memarkir mobil. Ada beberapa jenis sinyal dari lampu sein yang nantinya akan memberikan sinyal GSM saat Anda menggunakan ponsel jika alarm yang digunakan adalah model GSM.

Dengan perangkat keamanan mobil ini, Anda bisa mendapatkan sinyal bahaya secara langsung, sehingga Anda sebagai pemilik mobil dapat mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi.
Viral: Cara Menyetel Karburator Mobil Agar Gas Lebih Irit
4. Immobilizer

Immobilizer adalah perangkat keamanan mobil yang bekerja sama dengan sistem keamanan di mobil Anda. Alat ini juga digunakan oleh produsen mobil untuk mobil-mobil terbaru. Cara kerja alat ini adalah dengan mencocokkan kode pada kunci dengan kode perangkat mobil. Jika kode yang dimasukkan tidak sama, mobil tidak akan menyala. Namun perlu diketahui jika ingin mengaplikasikan alat ini, pastikan terlebih dahulu mobil Anda dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik.
5. Pelacak GPS

Perangkat keamanan mobil selanjutnya adalah GPS tracker. Yang mana GPS merupakan perangkat keamanan yang dapat dipasang di mobil Anda menggunakan sistem satelit GPS, GSM atau GPR. Cara kerja alat ini dengan mengirimkan data berupa koordinat dimana posisi mobil berada.
6. Chip kontak

Chip kontak merupakan alat keamanan mobil yang sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. Cara kerja contact chip didasarkan pada sistem chip sensor yang dipasang di mobil, yang hanya bisa dibaca di kunci kontak mobil Anda. Anda bisa menempelkan chip sensor alat ini pada kap mobil anda, sehingga saat kap mobil dibuka maka alarm pada mobil anda akan langsung berbunyi.

Ada dua jenis sensor yang bisa Anda gunakan sebagai alat pengaman mobil Anda, yaitu sensor bayangan dan sensor getaran. Sensor bayangan sendiri banyak diminati dibandingkan dengan jenis sensor getaran karena sensor bayangan dapat memicu alarm mobil Anda meskipun hanya ada getaran halus. sehingga dapat memberikan informasi atau sinyal suara alarm yang lebih cepat, menandakan bahwa mobil anda sedang bermasalah.

Sumber :